Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » GTX 980M- GPU Laptop Sekuat PC Gaming

GTX 980M- GPU Laptop Sekuat PC Gaming

Posted by Semua Tentang PC Dan Game PC on Thursday 9 October 2014

Dua hari yang lalu NVIDIA baru saja mengumumkan dengan resmi seri terbaru GPU laptopmereka: GTX 980M dan GTX 970M. GTX 980M yang merupakan jagoan utama diklaim oleh NVIDIA memiliki performa sebesar 75% dari GPU dekstop mereka GTX 980. Klaim ini datang dari jumlah CUDA Core yang dimiliki GTX 980 yaitu 1536, 75% dari GTX 980 versi dekstop. CUDA Core pada dasarnya adalah unit (secara fisik) yang mengolah komputasi gambar, jadi semakin banyak semakin baik.
Tapi sebenarnya ada banyak faktor lain yang akan membuat penggunaan sehari-hari GTX 980M tidak sekencang klaim NVIDIA. Jadi jangan langsung termakan dengan angka-angka ini secara teori. Tapi walaupun begitu GTX980M adalah GPU terkencang yang bisa kamu dapatkan untuk laptop gaming.
Salah satu alasan mengapa NVIDIA memperhatikan kemajuan laptop secara serius adalah fakta bahwa penjualan laptop gaming telah naik sampai 5x lipat dalam 3 tahun ke belakang. Ini berkebalikan dengan penjualan PC secara global yang terus menurun dari tahun ke tahun. Lebih banyak orang yang sudah melirik laptop sebagai platform bermain game dengan portabilitas tinggi. Hanya saja gamer seperti ini selalu menghadapi masalah di mana performa laptop tertinggal jauh dengan PC, apa lagi jika dibandingkan dengan GPU (VGA) PC kelas atas. GTX 980M adalah jawaban dari NVIDIA, 75% performa dari salah satu GPU dekstop tercepat. Ini adalah sesuatu yang besar.
NVIDIA Maxwell vs 680M
Selain mengeluarkan GPU terbarunya, NVIDIA juga melengkapinya dengan berbagai teknologi baru. Salah satunya adalah battery boost yang dapat menghemat penggunaan baterai laptopdengan signifikan. Lewat presentasinya NVIDIA memberikan contoh bahwa Tomb Raider dapat dimainkan selama 76 menit dengan fitur battery boost sedangkan tanpa fitur ini laptop hanya akan bertahan selama 49 menit. Selain itu NVIDIA juga membandingkan performa GTX 980M dengan GTX 680M. GRID 2 yang sebelumnya hanya mendapat 13 fps di GTX 680M sekarang akan berjalan di atas 85 fps di GTX 980M.
Situs AnandTech yang sudah mencoba secara langsung GPU 980M mengatakan bahwa performa GTX 980M lebih lamban daripada yang diklaim oleh NVIDIA. Namun secara umum GTX 980M tetap memiliki performa paling atas untuk urusan laptop gaming. Ketika di uji dengan GTX 970 versi PC, GTX 980M (laptop) mampu mengejar dengan perbedaan yang tidak begitu jauh yaitu 21%.
NVIDIA 980M Game Benchmark
NVIDIA 980M Laptop Line
Tapi seperti yang bisa kamu duga GTX 980M hanya akan tersedia bagi laptop high-end. NVIDIA sendiri mengumumkan bahwa untuk sekarang sudah ada 5 laptop yang sudah mengusung GPU 980M. Kelima laptop tersebut adalah Asus G751, MSI GT72, Gigabyte Aorus X7, Clevo P150, dan MSI GS60. Dengan googling cepat saya menemukan bahwa harga dari MSI GT72 di Amazon bisa mencapai Rp 26 juta jika dirupiahkan. Sebuah harga yang sangat mahal demi portabilitas.
Harganya yang sangat mahal mungkin membuat sebagian besar dari kita tetap skeptis dengan penggunaan laptop sebagai platform gaming. Tapi setidaknya kamu tahu sekarang bahwa kemampuan GPU laptop (GTX 980M) sudah hampir menyamai kemampuan GPU dekstop kelas atas dan bahkan sudah melibas banyak GPU dekstop di bawah harga 2 juta rupiah. Ini membuat saya bersemangat untuk melihat seperti apa dunia gaming laptop 2 tahun mendatang.

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Semua Tentang PC Dan Game PC. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger