Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Port Final Fantasy XIII Ke PC Mengecewakan Banyak Gamers

Port Final Fantasy XIII Ke PC Mengecewakan Banyak Gamers

Posted by Semua Tentang PC Dan Game PC on Thursday 9 October 2014

Hari ini Square Enix merilis RPG “fenomenal” mereka, Final Fantasy XIII, ke PC melalui Steam. Portyang tidak terduga ini tiba-tiba saja muncul di Steam beberapa minggu yang lalu, dan baru bisa dimainkan sekarang. Sayangnya melihat dari respon yang ada di review Steam, terlihat banyak sekali gamer yang kecewa dengan kualitas port yang disajikan Square Enix.
Hal pertama yang paling bisa dilihat adalah bagaimana game ini meminta requirements minimum yang cukup ringan, tapi meminta jatah 60 GB pada hard disk kamu! Ya 60 GB untuk sebuah game!Saya tidak tahu kenapa ukurannya bisa sebengkak itu, karena versi PS3 hanya memerlukan satu keping blu-ray saja (sekeping blu-ray itu sekitar 50 GB) dan dari beberapa perbincangan yang ada di berbagai forum game, banyak yang mengatakan bahwa saat dicek versi PS3 hanya berisi 38 GB data saja.
Final Fantasy XIII | Screenshot (1)
“Wow … seperti inikah efek pencahayaan di PC!”
Sedangkan versi Xbox 360 menggunakan 3 keping DVD (dual-layer DVD yang sekepingnya mampu menampung sekitar 8,5 GB), jadi maksimal di Xbox 360 game ini memiliki ukuran sekitar 24 GB. Tidak diketahui kenapa ukuran di PC bisa sangat membengkak seperti itu, tapi diduga hal ini disebabkan oleh kualitas cutscene yang tidak dioptimisasi dengan baik.
Selain ukuran yang sangat besar, banyak juga yang kecewa karena game ini tidak memiliki pilhan opsi untuk mengatur video, audio, atau kontrol layaknya kebanyakan game PC yang ada. Bahkan kamu tidak bisa mengatur resolusi game yang terkunci pada angka 720p. Meskipun begitu seorangfan ada yang telah mengeluarkan mod khusus agar bisa menjalankan game ini dalam resolusi yang lebih besar.
Final Fantasy XIII | Screenshot (2)
Anggap saja Square Enix adalah Lightning yang menunggangi Sleipnir, dan kamu adalah monster yang tengah dia habisi.
Final Fantasy XIII | Screenshot (3)
“Lightning is love … Lightning is life”
Tidak sampai di situ saja, banyak juga gamer yang mengaku mengalami masalah performa saat mencoba memainkan Final Fantasy XIII. Satu-satunya cara yang diketahui untuk meningkatkan performa game, tapi tidak termasuk resolusi, adalah dengan melakukan setting melalui control panel. Tapi hal ini pun hanya terbatas untuk pengguna VGA NVIDIA saja. Final Fantasy XIII sendiri bisa berjalan dengan kecepetan 60 fps untuk gameplay, dan 30 fps untuk cutscene.
Melihat respon-respon dari gamer, sepertinya Final Fantasy XIII hanyalah sebuah port asal-asalan yang dibuat untuk mencari nafkah instan. Meskipun begitu port ini tetaplah membuka jalan untuk banyak gamer yang tidak memiliki console agar bisa bermain Final Fantasy XIII. Semoga saja ke depannya kalau mereka mau membuat port ke PC, mereka bisa lebih mengusahakan kualitas yang lebih tinggi. Untuk sekarang, silahkan nikmati petualangan ukuran raksasa yang satu ini di PC kamu … atau kalau kamu punya PS3, mainkan versi itu saja.

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Semua Tentang PC Dan Game PC. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger